Menyediakan Ternak Sapi, Kambing Dan Domba

Foto: Ervin Erlando

Sebagai seorang sarjana peternakan lulusan Universitas Padjajaran Bandung, Ervin Erlando mengabdikan dirinya untuk masyarakat dengan berbisnis sebagai penyedia herwan berkualitas sebagai herwan kurban idul Adha atau hari Raya Haji, Sapi, Kambing Dan Domba. Ervin juga senatiasa melayani pembelian untuk konsumsi rumah tangga dan restoran.

Foto: Ervin Erlando
Bagi peyedia hewan untuk konsumsi dan korban, Ervin Erlando sungguh serius menangani kualitas hewan ternaknya agar tidak merugikan pihak pembeli atau berbuat curang, sehingga saat dikonsumsi tidak timbul masalah dan Para Pembeli tidak kecewa dan bisa jadi pelanggan tetapnya.

Menurut Ervin hewan ternak yang berkualitas yang sudah dapat dijadikan hewan kurban, adalah:
  • Umur ternak untuk Sapi 22 bulan, dan untuk Kambing dan Domba 12-18 bulan.
  • Hewan dalam kondisi sehat, tidak cacat seperti mata tidak buta, pincang, dan kurus hingga tidak memiliki sum-sum tulang.
  • Mempunyai surat keterangan tentang kesehatan hewan, dan dipastikan hewan ternak tersebut memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar dan memiliki bulu yang tidak kusam.
  • Sebelum memutuskan untuk membeli, coba dikontrol pada bagian mata, hidung, dan anus.
Mata ternak harus bersih dan kelopak bagian dalamnya berwarna pink, jangan dibeli bila mendapatkan ternak yang kelopak matanya berwarna pucat atau kuning.

Hidung ternak terlihat basah, dan bersih, jika ada hidung ternak yang mengeluarkan cairan yang biasanya berwarna merah terang usahakan untuk tidak membelinya.

Bagian anus tidak terlihat kotor, bila anus ternak terlihat kotor sedang mengalami diare, dan sebaiknya ternak yang menderita korengan disebabkan oleh tungau dan kutu kecil urungkan pembelian dikarenakan hewan tersebut mengidap penyakit kulit sceable.
  • Pilihlah  hewan yang akan dibeli dilingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, tujuannya adalah untuk mencegah tingkat kestresan hewan sehingga mengurangi resiko terhadap serangan kesehatan tubuh hewan ternak.
Sebagai tambahan Ervin mengatakan bahwa membeli hewan ternak Sapi, Kambing, dan Domba untuk tujuan kurban atau konsumsi juga mesti disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang ada, idealnya membeli hewan untuk berkurban bukan suatu keterpaksaan , tapi bagi yang mampu.



Comments

Postingan Populer

Usaha Kuliner Dede Aonudin Di Cipaku Bogor

Mengembangkan Usaha Produk Herbal